Logo Design by FlamingText.com

Time & Date

Pengenalan Aplikasi Sistem Operasi

Kamis, 22 November 2012


MENGENAL SISTEM OPERASI
Microsoft windows adalah salah satu pilihan dan beberapa sistem operasi untuk Personal Computer (PC). Sistem ini menerapkan Graphical User Interface (GUI), yakni program yang menggunakan media gambar yang jelas, seperti keadaan sebenarnya, sebagai penghubung antara komputer dengan pemakai (user) untuk pengoperasian komputer.


Sistem Operasi adalah program komputer dasar yang berfungsi untük mengawali proses kerja komputer. Pada awalnya sistem operasi dibuat secara sederhana di mana semua perintah menggunakan mode teks. Jadi pemakai komputer harus menghafal perintah untuk menjalankan komputer. Dalam perkembangannya GUI menyempurnakan pengoperasian komputer dan menggunakan mode teks menjadi sistem operasi dengan mode gambar. Dengan GUI pada windows seorang pemakai cukup memilih objek gambar yang menggambarkan perintah - perintah untuk mengoperasikan komputer. 
Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunyai akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

download artikel disini Download Button

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2012 Kumpulan Soal dan Materi All Rights Reserved.
Template Design by David Aja | Published by Templates | Powered by Blogger.com.